05 February 2011

Download Winrar Free

Winrar adalah sebuah aplikasi yang sering digunakan untuk memadatkan file. Memadatkan di sini berarti file dapat dikompres sehingga menjadi lebih ringan. Selain itu, winrar sering digunakan untuk menyerdehanakan banyak file sehingga dapat disatukan dalam satu file.
Fungsi lain winrar juga dapat digunakan untuk memecah file yang berekstensi ZIP, 7Z, ACE, ARJ, BZ2, CAB, GZ, ISO, JAR, LZH, TAR, UUE, Z.

Fungsi Umum Winrar

Ada banyak fungsi dari Winrar. Namum, biasanya pengguna komputer sering memanfaatkan Winrar untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut.
  • Memadatkan file. Jika terdapat banyak file kecil yang akan dikirimkan atau di-copy (biasanya lewat email atau flashdisk) dapat memangkas waktu dengan menyatukan file tersebut dalam bentuk Winrar. Sehingga kita tidak repot dengan banyak file kecil-kecil yang akan dikirimkan atau di-sharing.
  • Winrar juga sering digunakan untuk ‘mengkerdilkan’ file. File ketika ukurannya diubah menjadi winrar maka ukurannya akan menjadi lebih ringan atau kecil.
  • Lebih membuat file menjadi aman. Dalam winrar terdapat sebuah menu password. Sehingga ketika file diubah menjadi winrar kita dapat menggunakan menu password. Ketika akan membuka file winrar tersebut kita harus memasukkan password-nya. Dengan demikian tidak semua orang dapat membuka file winrar tersebut. Hanya kita saja yang bisa.
  • Membagi atau memecah file. Jika terdapat sebuah file besar yang akan kita simpan namun space kita terbatas, maka dengan winrar kita dapat memecahnya atau membaginya. Misalkan kita memiliki file dengan kapasitas 4 giga. Namun, media penyimpanan kita cuma 2 giga. Dengan winrar kita dapat memecahnya menjadi dua bagian file tersebut. Sehingga masing-masing file akan berukuran 2 giga.
  • Winrar dapat digunakan untuk mengekstrak file atau memecah paket file winrar. Maksudnya adalah, ketika terdapat file yang berekstensi winrar (biasanya file unduhan dari internet) maka untuk membukanya kita menggunakan winrar. Dan file tersebut akan dipecah menjadi beberapa bagian.
  • Winrar juga dapat menghindarkan file kita dari ancaman virus komputer. Bisanya file yang berekstensi winrar akan sangat jarang tertular virus komputer. Hal ini akan berbeda dengan file asli yang tidak dikompres ke winrar. Seperti file-file aplikasi .exe.
Winzip

Aplikasi serupa yang mirip dengan winrar dan mempunyai fungsi yang hampir serupa adalah winzip. Aplikasi winzip secara keseluruhan memiliki fungsi serta kegunaan yang tidak jauh berbeda dengan winrar.
Namun secara keseluruhan, para pengguna komputer lebih condong memakai winrar daripada winzip. Meskipun fungsinya sama, dengan winrar dirasa lebih nyaman plus menu yang disajikan lebih bervariasi daripada winzip.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!