06 May 2012

Fisioterapi pada tennis elbow

Tennis elbow merupakan cedera siku dan banyak dijumpai pada pemain tennis, terutama pemain pemula gerakan/ teknik backhand yang salah . Namun Tennis Elbow dapat diderita oleh ibu rumah tangga yang melalukan gerakan mencuci dan memeras pakaian. Selain itu, profesi dokter gigipun tidak bebas dari penyakit ini. Disamping itu sopir truk, tukang kayu, olahraga angkat berat,

Tennis elbow merupakan cedera siku dan banyak dijumpai pada pemain tennis, terutama pemain pemula gerakan/ teknik backhand yang salah . Namun Tennis Elbow dapat diderita oleh ibu rumah tangga yang melalukan gerakan mencuci dan memeras pakaian. Selain itu, profesi dokter gigipun tidak bebas dari penyakit ini. Disamping itu sopir truk, tukang kayu, olahraga angkat berat, olahraga lempar bola dapat juga terkena penyakit ini, sehingga penggunaan istilah Tennis Elbow kurang tepat apabila hanya digunakan untuk olahraga Tennis.

Meskipun cedera siku pada tennis (tennis Elbow) telah dikenal sejak tahun 1873, namun masih banyak diantara kita yang hinga kini belum mengetahuinya,sehingga penanganannya pun menjadi kurang optimal. Gejala yang muncul akibat tennis Elbow ini antara lain adanya rasa sakit pada siku bagian luar, nyeri gerak siku dan sakit tekan pada daerah siku yang sakit.Tennis elbow disebabkan oleh pembebanan yang berlebihan pada otot-otot ekstensor serta suatu trauma langsung. Penyakit ini ditandai adanya keluhan rasa sakit di siku bagian lateral yang kadang-kadang menjalar ke lengan bawah dan punggung tangan.


GEJALA DAN TANDA TENNIS ELBOW

• Nyeri di siku bagian lateral, kadang menjalar ke bagian lateral lengan atas maupun bawah.
• Di pagi hari terkadang siku tidak dapat dilulruskan secara maksimal, karena nyeri yang timbul.
• Pada gerakan tertentu timbul nyeri kejut (nyeri tiba-tiba) yang hebat, sehingga bila memegang benda, benda dapat jatuh karenanya.
• Nyeri dirasakan saat dorsoflexi / ekstensi tangan, mengepal / menggenggam dengan kuat.
APA ITU FISIOTERAPI ?
Fisioterapi merupakan upaya pelayanan kesehatan profesional dalam mengatasi permasalahan gangguan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional dengan menggunakan sumber-sumber fisis seperti listrik, sinar, Air, Manual , dan Terapi Latihan
TINDAKAN FISIOTERAPI PADA TENNIS ELBOW
• Heating : dapat menggunakan IR, SWD, MWD, maupun kompres panas. Bertujuan agar peredaran darah menjadi lancar sehinga suplai nutrisi dan oksigen daerah yang bersangkutan tetap terjaga sehingga proses penyembuhan berjalan degnan baik.
• US : bertujuan untuk menghancurkan jaringan fibrous yang terbentuk akibat cedera/ruptur yang terjadi.
• Massage : teknik yang digunakan adalah friction pada tendo otot-otot ekstensor carpi radialis. Bertujuan untuk menghancurkan jaringan fibrous yang timbul serta memperlancar peredaran darah.
• Latihan gerak tanpa tahanan : dapat membantu memelihara sifat fisiologis otot.

TIPS PENCEGAHAN
• Pemanasan sebelum melakukan olah raga / aktivitas. Dilakukan dengan penguluran otot-otot eksetensor wrist (pronasi + palmar flexi + ekstensi siku) ; gerakan-gerakan tanpa melawan tahanan serta kontraksi secara isometrik
• Melakukan latihan-latihan dengan tujuan penguatan otot-otot pergelangan tangan (wrist joint) dan siku
• Tidak mengangkat dan memindahkan benda yang terlalu berat (beratnya melebihi kapasitas kekuatan otot).

1 comments:

  1. tolong donk kk dmasukin tentang test2 untuk mempositif kan bahwa seseorang itu bner2 terkena tennis elbow

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!