Paradigma Fisioterapi | Dhita Prianthara Blog Paradigma Fisioterapi | Dhita Prianthara Blog| software | games | download | PS1 | Free

24 December 2010

Paradigma Fisioterapi

Gerak:woooh:
Kapasitas gerak adalah elemen esensial bagi kesehatan seutuhnya. Gerak tergantung dari integritas dan koordinasi dari setiap level berjenjang pada tubuh dan dipengaruhi faktor-faktor internal maupun eksternal. Fisioterapi diarahkan langsung pada potensi maupun gerak fungsional individu (gerak yang dapat memenuhi kebutuhan). Fisioterapi harus dibekali oleh ilmu biomekanik, kinesiologi, fisiologi, histologi, ergonomi.
Individu::(
Setiap individu mempunyai kapasitas untuk mengubah atau menentukan kebutuhannya sebagai reaksi faktor fisik, psikologi, sosial, lingkungan. Tubuh, jiwa dan semangatnya dapat membantu dan mengembangkan gerak sesuai dengan kebutuhannya sehingga dapat mencapai tujuan serasi dan seimbang. Karena itu fisioterapi harus dibekali ilmu kebudayaan, sosiologi, etika, perilaku dan ilmu kemanusiaan.
Interaksi
Interaksi dimaksudkan untuk meningkatkan saling pengertian antara fisioterapi dengan pasien/klien/keluarga/masyarakat dan tenaga kesehatan lain. Interaksi merupakan prasyarat yang harus dimiliki fisioterapi guna menentukan kebutuhan dan tujuan interfensi fisioterapi kepada pasien/klien/keluarga/masyarakat dalam perilaku gerak dalam peningkatan derajat kesehatan.
Sehat Sakit
Setiap individu memiliki potensi gerak dan dapat dikembangkan. Tetapi dalam kenyataannya yang tersedia pada individu bukan gerak maksimal melainkan gerak aktual. Gerak aktual ini belum tentu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Gerak inilah yang dimaksud gerak fungsional. Dengan kata lain gerak fungsional adalah gerak aktual yang dapat memenuhi kebutuhan dan tepat mencapai sasaran. Sehat bagi fisioterapi adalah bilamana potensi gerak dan kebutuhan dapat seimbang sehingga gerakan aktual sama dengan gerakan fungsional. Oleh karena itu fisioterapi harus dibekali pengetahuan tentang patologi, traumalogi, geriatri dan tumbuh kembang.


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!

Template by : dhitaprianthara Copyright@2012