7 Tips untuk Mencari Ide Menulis di blog | Dhita Prianthara Blog 7 Tips untuk Mencari Ide Menulis di blog | Dhita Prianthara Blog| software | games | download | PS1 | Free

11 January 2011

7 Tips untuk Mencari Ide Menulis di blog


undefinedMenulis di blog adalah sebuah rutinitas yang harus di lakukan jika kita menjadi seorang blogger. Menulis di blog dapat dilakukan satu bulan sekali , satu minggu sekali atau bahkan seiap hari, tergantung dari mood pemilik blog. kalau saya paling 2 kali dalam satu minggu, itu aja udah kelabakan cari-cari materi dan ide untuk nulis. Tetapi memang kadang ide menulis itu sangat banyak, hinga memenuhi memori di otak kita, hehehehe.........., tetapi kadang juga tidak ada ide sama sekali.

Tidak adanya ide menulis atau materi yang ditulis di blog mungkin dapat terjadi karena kita tidak banyak menampung informasi, maksudnya kita selalu menghiraukan informasi yang kita temui (peroleh) baik itu disekitar kita ataupun ditempat yang lainnya. Dan kesempatan kali ini saya ingin mencoba menginformasikan beberapa cara untuk mencari ide menulis , sehingga blog yang kita kelola akan selalu ter update. Silahkan simak beberapa tips dibawah ini, siapa tahu dapat membantu anda dalam mencari ide menulis.

1. Menyisihkan waktu luang untuk mencari ide menulis
Jika anda bersedia untuk mengisihkan waktu luang untuk mencari ide menulis (brain stroming), tentu menulis di blog tidak akan menjadi kendala, anda dapat memanfaatkan waktu luang anda untuk memikirkan ide menulis, kemudian jika anda menemukan ide, tulis ide tersebut di word proccesing (microsoft word). Coba pikirkan dengan tenang tentang berbagaihal mengenai tema blog anda (berkenaan dengan blog anda), saya yakin hal ini akan membantu untuk mengexplorasi pikiran anda, sehingga anda akan memperoleh ide yang sangat banyak. Setelah memperoleh ide yang sangat (cukup) banyak coba pilah-pilah ide yang dirasa cocok untuk tema blog anda. Langkah terakhir anda tinggal menulis ide tersebut sebagai sebuah artikel yang dapat di plublis di blog anda.

2. membaca buku (memperbanyak wacana)
membaca buku adalah cara yang cukup efektif untuk menumbuhkan atau mencari ide menulis, terlebih jika buku yang dibaca mempunyai hubungan dengan tema blog kita. Selain itu dengan membaca buku, kita akan dapat memperbanyak cosa kata yang tentunya akan memudahkan kita dalam menulis artikel. Anda dapat membeli buku yang sekiranya cocok untuk anda. kalau saya sih ga kuat kalau beli buku terus, paling keperpus pinjam buku. Hehehe. (maklum bos anak kuliah, makan ja susah).

3. Rutin-rutinlah diskusi di forum online
Saya yakin banyak dari anda yang suka sekali diskusi atau sekedar cari-cari informasi di forum, ini wajar karena forum sebenarnya sangat bermanfaat dan andapun dapat mengenal member-member dalam forum tersebut, selain anda dapat mengenal member lain anda juga dapat memperoleh informasi yang terupdate, karena biasanya yang dibicarakan di forum adalah informasi terkini, dan tentunya jika anda ingin mencari ide menulis di forum, forum yang ada tongkrongi setidaknya harus mempunyai topik yang sama atau mengdekati sama dengan blog anda (tapi ga sama juga ga papa , toh kita juga akan dapat info yang berguna, asalakan forumnya ga berbau hal yang negatif tentunya), misal anda membuat blog tentang otomotive sebisa mungkin anda tongkrongi forum yang membahas otomotive, saya yakin ini akan sangat bemanfaat untuk anda. Jujur kalau saya tidak terlalu aktif di forum online, koneksi ja kewarnet gimana mau diskusi, paling forum yang saya tongkrongi tuh forum preaking.. hehehehe...(negative ga ya nih... maklum bos sukanya cari yang gratis).

4. blogwalking
blogwalking juga sangat efektif, karena dengan blogwalking kita sama saja dengan membaca (kan berkunjung untuk baca artikel blogger lain), berkunjung keblog teman yang setopik adalah salah satu cara untuk mencari ide menulis, misalnya anda blogwalking dan menemukan satu tema (bahasan atau wacana) yang dibicarakan oleh banyak blogger (tentunya tidak dalam satu blog) , maka anda dapat menyimpulkan beberapa artikel tersebut sehingga simpulan ini akan menjadi sebuah ide (materi) menulis yang sangat menarik, dan tentunya dapat anda publis di blog anda dengan menyertakan sumber-sumbernya, yang terpenting jika anda melakukan hal seperti ini, sebisa mungkin kemas tulisan anda dengan simpulan yang tepat dan akurat. walaupun isi artikelnya adalah dari blog-blog lain, tetapi jika anda dapat mengemasnya dengan baik, tentu artikel (simpulan) tersebut akan lebih baik dari artikel sumber-sumbernya.

5. kunjungi situs berita
sekarang situs berita di indonesia sangat banyak seperti detik.com, okezone.com dsb, bahkan yang mulanya hanya sebatas offline saja (berita di tipi boss maksudnya), telah melirik untuk menuju (mengambil) jalur online, terlebih lagi sekarang banyak situs berita online yang telah mengklasifikasikan suatu kategori dalam satu domain/subdomain, walaupun memang masih bergandengan dengan situs utamanya. Semisal detik.com, mereka membuat web atau domain khusus untuk berita technologinya di detikinet.com atau okezone.com membuat subdomain untuk berita technologi di techno.okezone.com. hal seperti ini akan lebih memudahkan kita dalam mencari informasi seputar niche yang kita pilih, sehingga memudahkan kita pula dalam mencari ide (mencari informasi) sesuai niche yang kita pilih.

Sebagai catatan bahwa situs berita mempunyai informasi yang sangat up to date dan selalu ter update, jadi jika ada informasi terbaru , situs seperti inilah (situs berita) yang pertama menyoroti informasi tersebut.

6. gloogling
google adalah situs mesin pencari yang luar biasa dengan tampilah yang cukup sederhana, bayangkan saja tampilah yang hanya mempunyai sebuah form untuk mengetikkan suatu kata dan ditambah dengan menu navigasi di headernya, dapat menjadikan situs ini menjadi nomor satu di dunia.. hehehe... (hebat sekali om google ini, tetapi menang hal tersebutlah keunggnlan google ditambah dengan engine yang laur biasa menjadikan google.com tak terkalahkan), saya yakin seyakin yakin-yakinnya bahwa google menjadi tools yang banyak di gunakan untuk mencari informasi oleh para blogger (termasuk saya sih hehehe....), sehingga blogger dapat pula memperoleh ide dari pencarian informasi tersebut.

Googling adalah sebutan untuk aktifitas mencari informasi denga mesin pencari google, jadi jika anda ingin mencari informasi , maka anda tingga memanfaatkan google agar mengarahkan anda kepada situs-situs yang mengediakan informasi yanng anda inginkan , dan diharapakan dengana banyaknya informasi yang di dapat dengan bantuan goole, akan dapat merangsang otak dewasa anda agar dapat memperoleh ide dari informasi-informasi tersebut


7. Diskusi Di forum offline
Diskusi tidak hanya di forum online saja yang dapat menumbuhkan (menghasilkan) ide untuk menulis, melainkan diskusi di forum offlinepun dapat pula menumbuhkan ide menulis untuk kita. dengan diskusi, selain dapat mengembangkan kecakapan berbica kita, ternyata dapat pula menumbuhkan ide untuk menulis, dalam diskusi kita dituntut untuk mengimpulkan atau merespon suatu gagasan dengan cepat , sehingga otak dewasa kita akan terlatih untuk berfikir dengan baik, dan jika otak kita dapat terlatih atau merespon sustu gagasan, ide , permasalahan dengan baik tentu kita akan dengan mudah menyimpulkan (menyelesaikan) suatu permasalahan dan lebih mudah pula mencari ide-ide yang dapat diangkat bahkan ditulis sebagai sebuah artikel. Kalau tidak percaya silahkan coba, saya sangat terbantu dengan adanya diskusi yang diadakan pada malam jum’at di kampus saya (lebih tepatnya kelompok saya), karena dengan diskusi tersebut tidak jarang saya menemukan (mendapat) ide-ide yang dapat saya tulis untuk di publikasikan...


Berakhir sudah 7 buah tips diatas, walaupun memang hanya sebuah tips dari seorang anak muda yang baru sebatas newbie blogger, tetap saja penulisnya berharap ke 7 tips diatas dapat bermanfaat bagi pembaca, terlebih lagi jika anda bersedia menginformasikan tips anda di form komentar, maka saya sangat berterimakasih kepada anda dan saya yakin akan sangat bermanfaat bagi saya ataupun pengunjung blog ini. Oya sekali lagi semoga 7 tips untuk mencari ide menulis diatas dapat bermanfaat


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!

Template by : dhitaprianthara Copyright@2012