Manfaat Fisioterapi untuk Rehabilitasi Pasca Amputasi | Dhita Prianthara Blog Manfaat Fisioterapi untuk Rehabilitasi Pasca Amputasi | Dhita Prianthara Blog| software | games | download | PS1 | Free

11 January 2011

Manfaat Fisioterapi untuk Rehabilitasi Pasca Amputasi

diamputasi olahragaKehilangan sebuah anggota tubuh merupakan pukulan yang hebat untuk semua orang. Hal ini membutuhkan bantuan tim profesional agar bisa membuat penyesuaian hidup tanpa anggota tubuh yang hilang tersebut. Tim tersebut meliputi dokter, prosthetist (ahli anggota tubuh palsu), perawat, dan psikolog. Tambahkan juga layanan Fisioterapi ke dalam daftar karena ini sangat menolong pemulihan pasca amputasi.


Manfaat fisoterapi untuk rehabilitasi pasca amputasi sangatlah banyak. Salah satunya, penderita amputasi akan butuh pertolongan menghadapi rasa nyeri di bagian anggota tubuhnya dulu berada. Rasa tersebut ada pada urat syaraf yang menuju ke bagian anggota tubuh yang dulu ada. Fisioterapi bisa menggunakan teknik-teknik yang dimilikinya untuk mengobati rasa sakit tersebut.

Kebanyakan penderita amputasi akan mendapatkan anggota tubuh palsu, dan mereka harus mempelajari bagaimana cara menggunakannya karena penderita tidak secara otomatis langsung dapat menyesuaikan dengan anggota tubuh palsunya tersebut. Banyak pasien yang memerlukan waktu bertahun-tahun untuk dapat menggunakan secara baik. Inilah kenapa rehabilitasi pasca amputasi sangatlah penting.

Fisioterapi memberi manfaat terhadap rehabilitasi pasca amputasi dengan secara bertahap membuat pasien menyesuaikan menggunakan anggota tubuh palsunya. Rencana fisioterapi tersusun berdasarkan pada kebutuhan dan kemampuan pasien. Pasien mungkin membutuhkan bantuan selama rehabilitasi untuk belajar keseimbangan tubuhnya lagi. Ini terutama terjadi jika yang diamputasi adalah bagian kaki. Sama halnya dengan lengan, jika anggota tubuh palsunya mempunyai berat berbeda jelas akan mengganggu keseimbangan. Fisioterapi dapat mengatasi hal-hal seperti itu.

Pasien yang mendapatkan rehabilitasi setelah amputasi harus menyadari bahwa gaya berjalan sangatlah penting untuk perjuangan ini. Jika seorang dapat berjalan dengan sempurna, tidak akan seorangpun dapat menyangka kaki mana yang palsu. Keahlian ini bisa dipelajari dari ahli fisioterapi. Jika seorang pasien tidak segera menjalani fisioterapi setelah mendapatkan operasi, maka masalah mungkin akan timbul. Otot-otot tertentu mungkin akan menjadi lebih kuat sedang yang lainnya akan melemah. Ini terjadi karena pasien hanya akan tergantung pada satu set otot dan tidak menggunakan otot lainnya. Rencana yang tepat dari fisioterapi akan dapat mengatasi masalah ini.

Orang-orang yang kehilangan anggota tubuhnya akan memerlukan program latihan secara individu. Fisioterapi menyediakan program tersebut selama masa rehabilitasi setelah amputasi. Ini akan dimasukkan kedalam catatan tentang gerakan-gerakan yang berbeda yang diperlukan penderita amputasi untuk melakukan latihan secara normal.

Terapi manual seperti pemijatan merupakan bagian dari fisioterapi pada rehabilitasi amputasi. Ini akan mengurangi rasa sakit serta tegangan pada otot yang bekerja terlalu keras pada situasi yang masih baru tersebut. Beberapa pengobatan yang digunakan antara lain pemanasan, akupuntur, ultrasound dan rangsangan elektrik.

Tidak ada yang bisa menggantikan kebutuhan fisioterapi di dalam rehabilitasi pasca amputasi. Ini adalah pertolongan dasar terhadap seseorang yang kehilangan anggota tubuhnya. Beberapa pasien amputasi menolak pengobatan ini karena merasa tidak perlu, sebagian lagi masih merasa terguncang karena kehilangan anggota tubuhnya. Jika bisa meyakinkan pasien amputasi untuk menjalani fisioterapi di dalam masa rehabilitasinya, mereka akan menyadari bahwa pemulihan bisa berjalan dengan lancar dan mulus.


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!

Template by : dhitaprianthara Copyright@2012