Menghapus atau Menambahkan OS dengan EasyBCD | Dhita Prianthara Blog Menghapus atau Menambahkan OS dengan EasyBCD | Dhita Prianthara Blog| software | games | download | PS1 | Free

19 October 2011

Menghapus atau Menambahkan OS dengan EasyBCD

Pernahkah sobat melihat satu komputer berisi 2 OS ( Operating System ) ?? Pada postingan saya kali ini saya tidak membahas tentang bagaimana membuat 2 OS pada satu komputer tetapi cara menambahkan atau menghapus OS tersebut dengan sebuah software. Tutorial EasyBCD sekarang ini lebih saya tekankan kepada cara menghapus sebuah operating system (OS) dari daftar boot dan juga cara menambahkan OS ke dalam daftar boot. Bagi Anda yang menggunakan OS Windows 7 atau Vista sebagai primary boot, mungkin sedikit kesulitan untuk menghapus atau mengambah OS ke daftar boot. Sebab, file boot.ini tidak ada lagi pada Windows 7 dan Vista. Oleh karena itu, maka pada postingan kali ini saya akan membahas masalah tersebut dengan menggunakan EasyBCD. Langsung saja ke tutorialnya :

Sebelumnya Download dulu softwarenya disini : Download Easy BCD


  1. Buka EasyBCD.
  2. Pada jendela EasyBCD klik tombol “Add/Remove Entries” yang berada pada sisi sebelah kanan jendela.
  3. Menambahkan atau menghapus OS
  4. Kemudian pada sisi kanan jendela, sobat akan melihat beberapa OS pada daftar boot.

Melalui jendela inilah sobat nantinya bisa menghapus atau menambah OS ke daftar boot sobat. Pada jendela ini sobat bisa melihat 2 buah bagian yaitu Manage Existing Entries dan Add Entry. Pada bagian pertama sobat bisa menghapus entry OS dan merubah urutan OS dari daftar boot. Pada bagian Add Entries, sobat bisa menambahkan OS ke dalam daftra boot. Berikut saya berikan tutorial dari masing-masing fungsi tersebut.

Menghapus OS dari daftar boot
Untuk menghapus OS dari daftar boot ikuti langkah-langkah berikut
  1. Masih pada jendela yang sama, pilih salah satu OS yang ingin sobat hapus pada daftar yang tersedia dengan mengkliknya.
  2. Setelah itu klik, klik tombol Delete yang berada dibagian atas.
  3. Menghapus OS dari dafta boot
Selesai. Kini coba restart komputer Anda. Apakah OS yang telah sobat hapus masih kelihatan pada daftar boot? Saya yakin OS tersebut tidak kelihatan lagi.

Menambahkan OS ke daftar boot
Selain menghapus OS dari daftar boot, seperti yang saya sebutkan tadi, EasyBCD juga bisa menambahkan OS ke daftar boot. Misalkan sobat mengistall Ubuntu sebelum menginstall Windows 7 atau XP. Maka boot loader Windows 7 tidak akan mengenali Ubuntu. Untuk itu sobat harus menambahkan Ubuntu ke daftar boot. Untuk menambah OS ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Kembali lagi ke jendela EasyBCD pada bagian Add/Remove Entries. Di bawah Manage Existing Entries tadi sobat bisa melihat Add Entris.
  2. Untuk menambahkan OS Linux dalam contoh ini saya memakai Ubuntu, klik tab Linux. Jika ingin menambahkan OS lain selain Linux, sobat bisa mengklik masing-masing tab sesuai dengan jenis OS yang ingin sobat tambahkan.
  3. Pada tab Linux ini, pilih Grub pada input Type. Kemudian berikan nama pada OS tersebut agar gampang dikenali melalui input Name. Misalnya Ubuntu 9.10.
  4. Lalu pada Drive, pilih partisi Anda yang sudah terinstall dengan Ubuntu. Dalam komputer saya, saya memilih Partition 2 (Linux Native 14GB).
  5. Menambahkan OS ke daftar boot
  6. Kemudian klik tombol Add Entry. Setelah itu sobat akan melihat Ubuntu telah berada pada daftar Manage Existing Entries.
Sekarang restart komputer. Pada saat boot cobalah memilih OS yang sobat tambahkan tadi. Apakah sobat bisa masuk ke OS tersebut? Jika ya berarti semuanya berjalan dengan baik. Jika tidak, coba periksa partisi yang sobat pilih tadi, mungkin terjadi salah pilih partisi.
Sekian cara menambahkan OS kedalam daftar boot sekaligus cara menghapus OS dari daftar boot. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!







Artikel Terkait:

1 comments:

Muhhamad rifky aziz syafii said...

Di coba miin..... berhasil... thanks...

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!

Template by : dhitaprianthara Copyright@2012