Rheumatoid Arthritis | Dhita Prianthara Blog Rheumatoid Arthritis | Dhita Prianthara Blog| software | games | download | PS1 | Free

07 December 2011

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis (RA) adalah gangguan kronis, inflamasi sistemik yang dapat mempengaruhi banyak jaringan dan organ, tetapi terutama menyerang sendi menghasilkan sinovitis inflamasi yang sering berkembang menjadi perusakan tulang rawan artikular dan ankilosis sendi. Rheumatoid arthritis dapat juga menghasilkan peradangan menyebar di paru-paru, perikardium, pleura, dan sclera, dan juga lesi nodular, yang paling umum dalam jaringan subkutan di bawah kulit. Meskipun penyebab rheumatoid arthritis tidak diketahui, autoimunitas memainkan peran penting dalam kronisitas dan kemajuan.
Sekitar 1% dari populasi dunia menderita oleh rheumatoid arthritis, wanita tiga kali lebih sering dibandingkan pria. Penyakit ini paling sering antara usia 40 dan 50, tetapi orang-orang dari segala usia bisa terkena. Ini bisa menjadi kondisi menonaktifkan dan menyakitkan, yang dapat menyebabkan kerugian besar fungsi dan mobilitas. Hal ini didiagnosis terutama pada gejala dan tanda, tetapi juga dengan tes darah (terutama tes yang disebut faktor reumatoid) dan sinar-X. Diagnosis dan pengelolaan jangka panjang biasanya dilakukan oleh rheumatologist, seorang ahli dalam penyakit sendi dan jaringan ikat. Ini bisa sulit untuk menentukan apakah manifestasi penyakit secara langsung disebabkan oleh proses rheumatoid sendiri, atau dari efek samping dari obat yang umum digunakan untuk mengobati itu - misalnya, paru-paru fibrosis dari metotreksat atau osteoporosis dari kortikosteroid. 

Nyeri sendi bisa menjadi gejala awal dari berbagai penyakit. Dalam rheumatoid arthritis, gejalanya sering berkembang perlahan selama beberapa minggu atau bulan. Kelelahan dan kekakuan biasanya gejala awal dari rheumatoid arthritis. Penurunan berat badan dan demam tingkat rendah juga dapat terjadi.
Tanda dan gejala rheumatoid arthritis
Gejala sendi rheumatoid arthritis meliputi:
Nyeri, bengkak, kaku sendi. Sendi yang sama di kedua sisi tubuh (simetris) biasanya terkena, terutama  tangan, pergelangan tangan, siku, kaki, pergelangan kaki, lutut, atau leher.
kekakuan di pagi hari. Kekakuan sendi dapat berkembang setelah jangka waktu yang lama setelah tidur atau duduk dan berlangsung setidaknya 60 menit dan sering sampai beberapa jam.
Benjolan (nodul). Nodul rheumatoid ukuran mulai dari kacang polong untuk kapur barus yang berkembang di hampir sepertiga orang yang telah rheumatoid arthritis. nodul biasanya terbentuk dari titik-titik tekanan dalam tubuh seperti siku, buku-buku jari, tulang belakang, dan tulang kaki bagian bawah.
Rheumatoid arthritis dapat mempengaruhi tangan, pergelangan tangan, siku, kaki, pergelangan kaki, lutut, atau leher. Hal ini biasanya mempengaruhi kedua sisi tubuh pada saat yang sama, dan lebih dari tiga set sendi yang terkena pada satu waktu.
Selain gejala sendi tertentu, rheumatoid arthritis dapat menyebabkan gejala di seluruh tubuh (sistemik). Ini termasuk:
  • Kelelahan.
  • Hilangnya nafsu makan.
  • Berat badan.
  • Ringan demam.
  • Mati rasa dan kesemutan di tangan.
Beberapa gejala rheumatoid arthritis mungkin mirip dengan gejala kondisi kesehatan lainnya.
Resiko yang berkembang dari rheumatoid arthritis
Faktor risiko hanya dikenal untuk rheumatoid arthritis merupakan faktor diwariskan mungkin dalam beberapa keluarga (predisposisi genetik). Faktor genetik dapat mempengaruhi bagaimana fungsi sistem kekebalan tubuh, menyebabkan peradangan dan kerusakan selaput yang melapisi sendi.
Faktor lain yang dapat mempengaruhi resiko terkena rheumatoid arthritis meliputi:
  • perempuan. Rheumatoid arthritis mempengaruhi perempuan 2 sampai 3 kali lebih sering dari pria.
  • Umur antara 40 dan 60. Rheumatoid arthritis dapat mulai pada usia berapa pun, tetapi paling sering dimulai pada masa dewasa.





Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!

Template by : dhitaprianthara Copyright@2012