Fasciitis Plantaris (Nyeri Telapak Kaki / Tumit) | Dhita Prianthara Blog Fasciitis Plantaris (Nyeri Telapak Kaki / Tumit) | Dhita Prianthara Blog| software | games | download | PS1 | Free

21 December 2011

Fasciitis Plantaris (Nyeri Telapak Kaki / Tumit)

Fasciitis Plantaris adalah suatu penyakit akibat radang pada jaringan lunak yang terdapat di bawah tulang-tulang kaki di daerah telapak kaki. Radang ini dapat terjadi akibat adanya iritasi kronis dan dalam jangka waktu lama terhadap jaringan telapak kaki tersebut, biasanya dirasakan pada waktu berdiri.
 

Faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya Fasciitis Plantaris adalah sebagai berikut:  - Pergerakkan kaki yang cepat dan berlebihan (banyak berjalan, berlari, jalan tergesa-gesa).
- Sepatu yang tidak cocok dan tidak nyaman digunakan.
- Berat badan yang berlebihan.
- Kelainan pada telapak kaki seperti terjadinya perkapuran pada tulang tumit atau telapak kaki yang rata/ flat foot (dimana tidak terdapatnya lekukan pada bagian sebelah dalam telapak kaki).
Untuk memastikan adanya perkapuran pada tulang tumit dapat dilakukan foto rontgen pada kaki, akan tampak ‘calcaneus spur’.
Penatalaksanaan Fasciitis Plantaris adalah:
1. Hilangkan faktor-faktor penyebab:
- Jika berat badan berlebih, berusaha melakukan diet yang baik dan seimbang disertai olahraga secara teratur.
- Hilangi kebiasaan jalan dengan tergesa-gesa, berjalanlah dengan santai, rileks dan dengan langkah yang seimbang.
- Saat hendak membeli sepatu atau sandal biasakan selalu dicoba terlebih dahulu agar sepatu/ sandal tersebut terasa nyaman dan enak saat dipakai.
2. Pengobatan Non-Invasif 
- Untuk mengurangi proses radang dan nyeri dapat diberikan diatermi berupa SWD ataupun US pada telapak kaki tersebut.

Terapi nonoperasi
Langkah pertama dalam penanganan fasciitis plantaris termasuk keikutsertaan program stretching pada fascianya, memakai sepatu penyangga, menghindari untuk bertelanjang kaki. Sering, NSAIDs (seperti aspirin atau ibuprofen) bisa membantu. Menggunakan penyangga arkus over-the-counter atau custom-fitted dapat mengurangi beberapa tekanan pada arkus dan memberikan fascia plantaris dapat sembuh dengan cepat. Pengangkat tumit atau bantalan tumit juga dapat diberikan.
Terapi yang lain yang dapat membantu termasuk pemakaian splint/bandage diwaktu malam atau pembalut fiberglass. Pembalutan dilakukan pada posisi 90 derajat dari tungkai (seperti ketika berdiri), yang mencegahnya dari gerakan plantar fleksi. Terapi ini diaplikasikan ketika anda istirahat atau tidur, dapat memperbaiki gejala pada kebanyakan orang. Bahkan ketika semua terapi nonoperasi telah gagal. Biayanya, pembalutan dilakukan selama tiga minggu.
Injeksi steroid ke tumit bisa mengurangi gejala kira-kira sepertiga dari para penderita. Bagaimanapun, terapi ini tidak tepat untuk setiap orang dan tidak boleh secara berulang-ulang. Injeksi yang terus-menerus dapat menyebabkan resiko kelemahan dan rupture pada fascia plantaris.
Modalitas fisioterapi seperti ultrasound, iontophoresis dan phonophoresis dapat membantu setengah dari penderita yang diterapi. Ultrasound high-impulse teknologi baru menjanjikan kepada penderita yang tidak mendapatkan yang lebih baik dari tipe-tipe terapi nonoperasi yang lain; alat ini akan lebih digunakan untuk masa mendatang.

Terapi operasi
Jika gejala-gejala anda tidak mengalami perubahan dengan terapi nonoperasi dan terus berlangsung selama enam bulan sampai satu tahun, anda mungkin membutuhkan operasi. Operasi biasanya dilakukan pada pasien rawat jalan. Dokter membuat incise tiga inchi dengan membuka bagian dalam dan tengah pada fascia plantaris dengan dengan tulang tumit. Kemudian, pasien memanjangkan pascia plantarisnya. Dokter bisa juga menghilangkan saraf plantaris dari jaringan yang menekannya jika saraf ini teriritasi.

Terapi pasca operasi
Setalah operasi, anda memakai sepatu khusus dan memulai berjalan dengan hati-hati. Setelah enam minggu, biasanya anda dapat memakai sepatu biasa. Maksimal anda mendapatkan kemajuan kira-kira setelah tiga bulan. 75 persen dari penderita secara siknifikan mengalami kemajuan dengan terapi operasi.
Nyeri tumit membutuhkan waktu untuk penyembuhan, dan anda harus memakai sepatu penyangga, dibarengi dengan latihan khusus, dan menggunakan terapi yang lain. Secara kebetulan, kebanyakan penderita dengan fasciitis plantaris mendapatkan kesembuhan yang komplet tanpa operasi.

*Berbagai Sumber




Artikel Terkait:

2 comments:

Anonymous said...

mohon penjelasannya. kalau bangun tidur telapak kaki kiriku sering tersa sakit terutama pada daerah tumit. apakah ini termasuk penyakit yang anda jelaskan diatas

Dhita Prianthara said...

Coba diperika dlu ke fisioterapi boss :D

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!

Template by : dhitaprianthara Copyright@2012