NYERI SIKU AKIBAT TENDINITIS BICEPS BRACHII | Dhita Prianthara Blog NYERI SIKU AKIBAT TENDINITIS BICEPS BRACHII | Dhita Prianthara Blog| software | games | download | PS1 | Free

30 September 2014

NYERI SIKU AKIBAT TENDINITIS BICEPS BRACHII



Nyeri adalah sensori subyektif dan emosional yang tidak menyenangkan yang dapat terkait dengan kerusakan jaringan aktual maupun potensial, atau menggambarkan kondisi terjadinya kerusakan.
Dapat disimpulkan bahwa nyeri siku adalah suatu keadaan tidak nyaman yang disebabkan oleh kerusakan suatu jaringan atau tendon yang mengenai siku.

Definisi Tendonitis

Tendonitis atau tendinitis adalah peradangan atau iritasi tendon. Regangan terus-menerus, penggunaan berlebihan atau penyalahgunaan tendon yang menyebabkan cedera stres berulang, atau cedera akut yang serius dapat menyebabkan tendonitis.
Gejala tendonitis adalah nyeri, kekakuan, dan rasa terbakar di tendon dan daerah sekitarnya. Nyeri dapat memburuk selama dan setelah aktivitas yang melibatkan tendon.
Tendonitis biasanya terjadi pada ibu jari, siku, bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan tangan, tetapi dapat terjadi di mana saja terdapat tendon.

Otot Biseps Brachii
Otot bisep brachii terdiri dari otot bisep kepala panjang dan pendek. Otot-otot ini melekat pada bagian depan bahu dan siku melalui tendon (tendon yang menghubungkan otot ke tulang). Fungsi utama dari otot bisep adalah menekuk siku (fleksi) dan membawa lengan keluar (supinate). Hal ini juga membantu dengan membawa lengan kita lurus ke atas di depan kita ke fleksi bahu. Aplikasi berulang atau tiba-tiba dari kekuatan abnormal pada tendon biseps dapat mengakibatkan kondisi akut di mana tendon biseps meradang untuk periode waktu yang dihasilkan dalam strain bisep atau tendonitis.

Jadi , Biseps tendonitis, juga disebut bicipital tendonitis, adalah peradangan pada tendon utama yang melekat bagian atas otot biseps ke bahu. Penyebab paling umum adalah terlalu banyak digunakan dari jenis pekerjaan tertentu atau kegiatan olahraga. Biseps tendonitis mungkin berkembang secara bertahap dari efek dan keausan, atau dapat terjadi tiba-tiba dari cedera langsung.
Tendinitis pada biceps brachii bisa menyebabkan nyeri sampai pada siku
Otot otot bisep pergi dari bahu ke siku di bagian depan lengan atas. Dua tendon menghubungkan bagian atas otot biseps ke bahu. Bagian atas dua tendon otot bisep disebut tendon biseps proksimal, karena mereka lebih dekat dengan bagian atas lengan.
Tendon proksimal utama adalah kepala panjang biseps. Ini menghubungkan otot bisep ke atas bahu soket, yang glenoid. Ini juga menyatu dengan pinggiran tulang rawan di sekitar glenoid, yang labrum. The labrum adalah lingkaran jaringan lunak yang mengubah permukaan datar glenoid ke soket yang lebih mendalam. Pengaturan ini meningkatkan fit dari bola yang sesuai dalam soket, kaput humerus.
Dimulai di bagian atas glenoid, tendon panjang biseps kepala berjalan di depan kaput humerus. Melewati tendon dalam alur bicipital humerus dan diadakan di tempat oleh ligamentum humeri transversus. Menyimpan pengaturan ini kaput humerus tergelincir terlalu jauh ke atas atau ke depan dalam glenoid.
Kepala pendek menghubungkan otot bisep pada proses coracoid scapula (tulang belikat). Proses yang coracoid kurus kecil dari kenop hanya di bagian depan bahu. Tendon biseps yang lebih rendah disebut distal tendon biseps. Kata distal berarti tendon lebih bawah lengan. Bagian bawah dari otot biseps menghubungkan ke siku oleh tendon ini. Membentuk otot pendek dan panjang kepala biseps tinggal terpisah sampai tepat di atas siku, di mana mereka bersatu dan terhubung ke distal tendon biseps. Maka dari itu apabila tendon biseps mengalami peradagan bisa menyebabkan nyeri pada siku .

Hal yang dapat dilakukan yakni dengan RICE pada masa akut dan modalitas berupa ultrasound atau TENS.
RICE pada masa akut ( 2 x 24 jam)
1. Rest
Diartikan dengan Istirahat. Yang dimaksudkan dengan istrahat ini, bahwa bagian tubuh yang cidera tersebut diistrahatkan dari aktivitas.
2. Ice
Ice yang dimaksud kali ini, yakni pemberian es di daerah yang cidera. Tujuan dari pemberian es ini yaitu agar pembuluh darah yang tadinya melebar (vasodilatasi), menjadi menyempit (vasokonstriksi), sehingga dengan adanya penyempitan (vasokonstriksi) pembuluh darah, maka akan disertai dengan menurunnya aktualitas bengkak dan nyeri pada daerah yang cidera.
3. Compress
Compress atau penekanan biasa diartikan dengan memberikan elastis perban didaerah yang cidera.
4. Elevate
Metode yang terakhir ini, berarti meninggikan daerah tubuh yang cidera Tujuan dari meninggikan daerah yang cidera tersebut yaitu, untuk membuat sirkulasi darah didaerah cidera menjadi lancar.

Modalitas yang bisa digunakan apabila sudah memasuki tahap kronis yakni dengan menggunakan,
Ultrasound (US)
Pemberian US bertujan untuk :
1. Rileksasi otot
2. Meningkatkan permeabilitas membran
3. Mengurangi nyeri
4. Mempercepat proses penyembuhan jaringan
Ultrasound bisa diberikan pada bagian yang dirasakan nyeri pada siku.

Selain Ultrasound (US) bisa juga menggunakan
Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS)
Pemberian TENS bertujuan untuk,
1. Memblokade rasa nyeri
2. Meningkatkan Lingkup Gerak Sendi ( LGS ) akibat radang pada biseps
3. Mengurangi rasa nyeri
4. Mengurangi spasme otot
Elektrode diletakkan pada biceps brachii dan elektrode yang lain diletakkan pada akar saraf yang terkena yakni pada nervus musculocutaneus akar saraf C5 - C6
Manual terapi yang bisa diberikan yakni berupa massage.
Massage adalah suatu teknik manipulasi pada jaringan lunak tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah, relaksasi otot, mengurangi nyeri, meregangkan otot dan meningkatkan oksigen dalam darah.

Teknik massage yang diberikan adalah Friction, yang mana friction merupakan bentuk manipulasi atau Massage ringan pada suatu titik tertentu pada jaringan dengan gerakan transversal atau melitang yang dikerjakan dengan ujung-ujung jari atau dengan ibu jari.
Pengaruh dan penggunaannya :

a. Membantu penyerapan hasil dari radang
b. Memperkembang pemberian nutrisi secara menyeluruh

Massage diberikan pada otot – otot yang spasme dimana spasme diakibatkan oleh adanya tendinitis atau radang disekitar otot biceps brachii.




Artikel Terkait:

1 comments:

Saif ullaha said...

3d Sex Game PC Virtual Aya Full Version Adult Game Gnglish Gratis
Chhota Bheem All Games
Gta killer City
Bloody Roar 2
Tekken 6 PSP
Tekken 3
GTA Singham
Hitman 2 Silent Assassin
GTA Theft Auto 5

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!

Template by : dhitaprianthara Copyright@2012