Terapi Air (hydrotherapy) | Dhita Prianthara Blog Terapi Air (hydrotherapy) | Dhita Prianthara Blog| software | games | download | PS1 | Free

25 December 2010

Terapi Air (hydrotherapy)

Terapi dengan menggunakan air atau yang disebut dengan hidroterapi pasti sudah pernah anda dengar. Pada kesempatan ini penulis akan sedikit mengulang agar anda semakin tahu tentang hidroterapi dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

Hidroterapi berasal dari bahasa Yunani (hydro = air, therapiea = pengobatan). Jadi, hidroterapi merupakan pengobatan ilmiah yang menggunakan air. Simon Barunch (1840-1921) dalam Effendy (1987) memiliki teori yang disebut Hukum Barunch, yang mengemukakan bahwa air memiliki daya penenang jika suhu air sama dengan suhu kulit, sedangkan bila suhu air lebih tinggi atau rendah dengan suhu tubuh maka akan memberikan efek stimulasi (merangsang).

Effendy (1987) mengemukakan bahwa terapi air memiliki 7 (tujuh) efek pengobatan terhadap tubuh, yaitu sebagai berikut :

1. Berendam air hangat dan mandi pancuran air hangat dalam waktu singkat berkhasiat menghilangkan rasa lelah dan menghilangkan ketegangan.
2. Berendam atau menyeka tubuh dengan air dingin berefek mendinginkan dan merangsang tubuh atau bagian tubuh, khususnya jika diikuti pijatan tubuh atau perkusi. Air yang dingin akan mengkerutkan pembuluh kapiler.
3. Menyeka dengan air dingin dan air hangat secara bergantian akan merangsang sistem kardiovaskuler.
4. Berendam dalam air atau mandi di pancuran air hangat akan berkhasiat melemaskan semua otot tubuh.
5. Mandi air hangat akan melemaskan jaringan dan berefek pada kapiler-kapiler di kulit, hal ini terjadi karena banyak darah dari jaringan yang akan ditarik menuju kulit. Selain itu, dapat pula menghilangkan rasa nyeri.
6. Mandi dan menyeka dengan air dingin dan air hangat akan menjinakkan syaraf kulit dan syaraf organ-organ intern, yaitu organ yang berkoresponden secara syarafi dengan kulit yang dihangati.

  • Efek gravitasi terhadap tubuh di dalam air berkurang oleh karena daya apung air. Dengan demikian pergerakan otot-otot menjadi lebih ringan, yang akan membantu para penderita rematik, nyeri pinggang dan lain-lain dalam melakukan latihan fisik.

  • Hydrotherapy menggunakan air hangat yang bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah dan mengurangi ketegangan otot (relaksasi otot).
:wala:

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!

Template by : dhitaprianthara Copyright@2012