Manfaat Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar dan Kesehatan Mental | Dhita Prianthara Blog Manfaat Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar dan Kesehatan Mental | Dhita Prianthara Blog| software | games | download | PS1 | Free

07 March 2011

Manfaat Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar dan Kesehatan Mental


Manfaat Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar dan Kesehatan Mental

Sejak bertahun-tahun lalu, olahraga telah terbukti memiliki manfaat bagi banyak orang. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kemampuan individu untuk mempelajari konsep mental. Hal ini karena olahraga membantu pelepasan hormon yang memungkinkan penyimpanan informasi meningkat lebih tinggi. Selain itu, latihan juga merangsang terbentuknya senyawa kimia tertentu yang mampu meningkatkan memori manusia.


 
Aktivitas Fisik dan Kemampuan Otak Manusia
Hubungan antara aktivitas fisik dan rangsangan mental telah menjadi perbincangan sejak lama. Baru-baru ini ditemukan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin membantu seseorang untuk menyimpan informasi dengan tingkat kecepatan yang lebih tinggi. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa neurotransmitter di otak menjadi lebih terbuka untuk menerima informasi setelah melakukan aktivitas fisik. Aktivitas tersebut juga dikaitkan dengan kemampuan untuk mendorong pertumbuhan sel-sel baru yang kemungkinan menambah volume otak manusia.
Faktor usia tidak mempengaruhi manfaat latihan. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan oleh orang tua maupun remaja cenderung memiliki dampak yang sama. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa orang tua yang tidak melakukan latihan secara rutin cenderung mengalami penurunan kemampuan mental.

Manfaat Latihan Teratur
Latihan fisik yang dilakukan secara teratur bisa mengurangi berbagai gangguan mental seperti stress dan depresi. Latihan fisik merangsang terjadinya reaksi kimia positif dalam otak. Olahraga seperti ini sangar penting dilakukan secara konsisten guna memperoleh manfaat yang maksimal dan positif bagi tubuh dan otak.
Orang-orang yang hiperaktif merasa lebih mudah untuk berkonsentrasi ketika mereka akan mempelajari sesuatu. Lakukan olahraga maupun aktivitas fisik lainnya minimal selama 10 menit, biasanya hal ini dapat berpengaruh pada mood seseorang. Lakukan kegiatan ini sebanyak 30 menit per hari dan sebanyak 5 hari per minggu untuk hasil yang maksimal.
Orang-orang yang melakukan aktivitas fisik maupun olahraga secara konsisten terlihat cenderung memiliki paradigma yang lebih positif tentang hidup dan permasalahan yang mereka hadapi. Untungnya olahraga adalah hal yang mudah untuk dilakukan.
Artikel ini telah memberi Anda informasi mengenai manfaat dari latihan. Jadi, apakah Anda masih malas berolahraga? Lakukanlah aktivitas fisik dan olahraga teratur untuk membantu meningkatkan memori dan kestabilan mental Anda!



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!

Template by : dhitaprianthara Copyright@2012