20 August 2011

Cara Install Joystick Pada Emulator PS1 ( ePSXe )

Cara Install Joystick Pada Emulator PS1 ( ePSXe )

Pernahkah sobat semua mengalami masalah seperti joystick sobat tidak mau menjalankan game yang sobat mainkan?? Sobat tidak perlu khawatir sebab sekarang saya akan share cara menkonfigurasinya agar mau berjalan pada game sobat ( khusus PS1).

Langsung saja k tutorialnya :
Sebelum memasang pastikan dulu semua bahan sudah ada, yaitu :
  1. Joystick
  2. CD Driver / bisa mencari lewat internet
  3. Komputer
  4. Program / Game (epsxe)
Masukkan CD Driver ke dalam CD ROM drive, install drivernya. Biasanya bernama Setup.exe atau Setup.msi, pokoknya yang berekstensi *exe atau *msi.
 

Setelah penginstallan selesai, pasang joystick melalui port yang ada. Setelah dipasang tunggu beberapa saat hingga muncul pop up di kanan bawah, yg isinya kalau tidak salah “your hardware were istalled and ready to use” pokoknya isinya sekitar itu. Jika port yg digunakan bukan USB harus pakai Add Hardware dulu.

Cek di control panel > Printer and other hardwares > Game Controllers. Jika sudah tertulis dan OK maka stick siap digunakan. Jika ingin mengatur settingan stick, pengaturan getar misalnya klik properties.
Sekarang kita beralih ke software. Jalankan epsxe. Pilih menu Config > Game Pad > Port 1 > Pad 1. Muncul gambar stick PSX. Di situ tertulis tombol apa saja yg digunakan jika menggunakan keyboard. Karena saya ingin menggunakan joystick maka tombol2 itu harus diubah.

Klik huruf / tombol keyboard lalu tekan tombol yg digunakan pada joystick. Misalnya, secara default select adalah tombol C, klik pada C (dengan pointer mouse), lalu klik tombol select pada joystick (dengan jempol). Nanti huruf C itu akan berubah sesuai kode pada joystick.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!!!


5 comments:

  1. puantes dah 2 x ganti- ganti stick tetep ga bisa mian.. jadi ini toh biang kerok nya ckkkk

    ReplyDelete
  2. Kak Ditha ..
    say main Vigilante 8 gg pake joystick bsa gg kak ??
    gg bisa nembak cuma bsa jalan doank kak ..
    tombol untuk nembaknya apa kak ??

    ReplyDelete
  3. kalu pake stik analog bisa ga gan??

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar sobat di bawah ini!
Komentar sobat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini! :D Jangan lupa follow blog ini juga ;)
Mohon untuk tidak menggunakan nama ANONIM!
No SPAM !!!